Seni Tari

Seni tari merupakan satu diantara wadah para siswa untuk menyalurkan bakat seninya. Pendidikan seni yang diberikan oleh sekolah terdapat pada KBM dan kegiatan ekstrakurikuler. Seni tari SMPN 4 Sambas merupakan salah satu wadah penyaluran bakat seni khususnya seni tari yang terdapat diSMPN 4 Sambas. Tari sendiri terbagi menjadi beberapa cabang yaitu tari tradisi, tari kreasi dan tari modern. Didalam ekstrakurikuler seni tari ini, mengajak siswa untuk berkreativitas khususnya dalam bidang seni tari.

Pendidikan seni tari bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berekspresi, berapresiasi, berkreasi, membentuk harmoni, dan menciptakan keindahan. Dengan demikian, mereka dapat membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dapat mereka gunakan untuk membantu memecahkan permasalah hidup sehari-hari. Pendidikan seni tari juga dapat mengembangkan kepribadiannya.

Pendidikan seni tari diharapkan mampu memfasilitasi dan mengakomodir keberagaman masing-masing individu peserta didik maupun keragaman budaya masing-masing daerah, serta budaya nasional dalam rangka menyikapi arus globalisasi. Pendidik dapat membentuk kelompok dalam performan terhadap lagu daerah, sehingga akan membantu peserta didik untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan menumbuhkan sikap toleransi sesama mereka. Strategi ini dapat memberikan pengalaman dan kesadaran, serta kepedulian peserta didik akan keberagaman kultur, dan akhirnya akan mengurangi prasangka terhadap etnis sesama peserta didik atau etnis kelompok lain. Sehingga dengan pengurangan prasangka justru akan menumbuhkan sikap terbuka dan terjalinnya kerjasama, serta iklim kultur yang positif.

Pendidikan seni tari dapat merangsang peserta didik untuk berkreativitas. Yaitu kreatif dalam berkreasi dengan berbagai gerak-gerak yang bervariasi. Aktivitas-aktivitas demikian tidak hanya membentuk kreativitas di bidang seni tari saja, tetapi dapat mengembangkan pola pikir kreatif yang sangat berguna untuk menjalani hidup di masa depan.